Sosialisasi dan Sharing Kerja Praktek (SOKAP)

Himpunan Mahasiswa Sipil mengadakan Sosialisasi dan Sharing Kerja Praktek (SOKAP) pada hari Jum’at, 29 Maret 2019 yang bertempat di Aula Gedung E ITERA. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi serta pengalaman mengenai kerja praktek, mulai persiapan sampai dengan pelaksanaan.

Sharing KP ini diisi oleh salah satu dosen Teknik Sipil ITERA, yaitu ibu Junita Eka Susanti, S.T., M.Eng. dan 4 orang mahasiswa, yaitu Arif Rahman Hakim Sitepu, Tera Melya Patrice Sihombing, Anggi Ade Pratama, dan Andry Yulianto.

Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 WIB diawali dengan sambutan oleh dosen, Junita Eka Susanti, S.T., M.Eng. dan ketua Himpunan Mahasiswa Sipil, Kgs. M. Reza Gieovany R.A kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi.

Penyampaian materi yang pertama oleh ibu Junita Eka Susati, S.T., M.Eng. beliau menyampaikan pemaparan dari buku panduan kerja praktek antara lain mekanisme tahapan kegiatan kerja praktek, persiapan kerja praktek, serta ujian dan pelaporan kerja praktek. Dalam mekanisme tahapan kegiatan kerja praktek, beliau menyampaikan syarat kerja praktek dan syarat lokasi kerja praktek.

Penyampaian materi yang kedua disampaikan oleh Arif Rahman Hakim Sitepu, ia menjelaskan bagaimana langkah-langkah kerja praktek seperti prosedur yang harus dipersiapkan, peraturan, serta tips mencari tempat kerja praktek. Ia menyampaikan beberapa tips dalam mencari tempat kerja praktek, yaitu kita harus memperhitungkan biaya, cari tempat di daerah sekitar, serta ia mengajarkan bahwa yang terpenting adalah etika dalam pelaksanaan kerja praktek.

Penyampaian materi yang selanjutnya oleh Tera Melya Patrice Sihombing, ia menjelaskan hal-hal yang menghambat kerja praktek, antara lain attitude, keaktifan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), dan materi perkuliahan. Selain itu, ia juga berbagi pengalamannya mulai dari persiapan hingga saat melalukan kerja praktek. Ia mengajarkan bahwa etika serta sopan santun dalam pelaksanaan kerja praktek haruslah dijaga dengan baik.

Selanjutnya penyampaian materi yang keempat oleh Anggi Ade Pratama, ia menjelaskan hal apa saja yang didapatkan dari kerja praktek, antara lain pengalaman, soft skills dan hard skills, link, time management, leadership, serta mental. Selain itu, tentunya ia juga membagi pengalamannya selama persiapan dan pelaksanaan kerja praktek berlangsung. Ia mengajarkan bahwa banyak-banyaklah bertanya dan janganlah berkata tidak bisa serta hal yang terpenting dalam melakukan kerja praktek adalah keaktifan dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Penyampaian materi yang terakhir oleh Andry Yulianto, ia menjelaskan teknis lapangan saat melakukan kerja praktek serta berbagi pengalamannya selama melakukan kerja praktek. “Bertanggungjawab bukan hanya untuk membangun, tetapi untuk penghuninya juga.” ujar Andry Yulianto. Ia juga mengajarkan bahwa kita harus selalu kreatif dalam melakukan kerja praktek, gunakan waktu semaksimal mungkin.

Semoga dengan adanya acara ini dapat menambah wawasan terutama untuk angkatan 2015 dan 2016 yang akan melaksanakan kerja pratek, dan tidak lupa untuk tetap semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *